Selasa, 02 April 2013

Aman Bercinta Saat Hamil


Meski sedang hamil, para ibu tetap bisa bercinta seperti biasa. Ya, tetaplah bercinta seperti layaknya sewaktu tidak hamil. Baik menyangkut lamanya bercinta (durasi) maupun frekuensinya. Tentu saja syaratnya asal sudah diberi “lampu hijau” oleh dokter dan tidak ada penyakit atau kelainan pada kandungan.
Yang perlu diperhatikan adalah soal posisi bercinta selama hamil. Posisi yang salah bisa menekan janin dan berakibat kurang baik. Berikut beberapa posisi yang dianjurkan oleh dr. Boyke Dian Nugraha, SpOG, ahli kebidanan sekaligus konsultan seks di Jakarta.
  • Di usia kehamilan muda (0-12 minggu), posisi apa pun masih sangat aman dan boleh dilakukan.
  • Usia kandungan di atas 12 minggu, ada baiknya istri mengonsultasikan diri ke dokter kandungan untuk melihat kondisi kehamilannya. Biasanya dalam usia kandungan ini, posisi menyamping (sideways), menungging (dog position), dan duduk (woman on back) masih aman dan lebih dianjurkan untuk dilakukan.
  • Usia kehamilan sudah mendekati 29-36 minggu (jelang persalinan), lebih dianjurkan untuk melakukan posisi miring (spooning) atau duduk (sitting , woman on top). Doggy style juga masih boleh, tapi dengan catatan jika si istri merasa perutnya keberatan atau sakit, coba tahan perutnya dengan bantal untuk mendapatkan posisi nyaman.
Nah, selamat hamil dan bercinta! (Nova)

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo