Sabtu, 02 Februari 2013

Ponsel Penyebar Virus Flu


Telepon seluler atausmartphone telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Beberapa orang menggunakannya hanya untuk berkomunikasi, sementara beberapa orang tidak dapat dipisahkan dari benda ini.
Apa yang terjadi jika objek yang merupakan teman bagi banyak orang, bisa menyebarkan kuman dan virus flu? Sebuah penelitian menunjukkan, kebanyakan orang mendapatkan flu dari benda yang dipegangnya, terutama telepon seluler. Ini terjadi karena orang jarang membersihkan ponsel mereka atau tangannya saat menggunakan ponsel.
“Ponsel sepuluh kali lebih kotor dari toilet duduk,” kata Chuck Gerba, profesor mikrobiologi di University of Arizona, seperti dilansir ABCNews.
Sebelumnya telah direkomendasikan pengguna ponsel untuk menggunakan perangkat handsfree untuk meminimalkan penggunaan ponsel dengan tangan. Selain itu, disarankan juga para pengguna ponsel untuk tidak menggunakannya di kamar mandi.
Beberapa orang membersihkan ponsel mereka dengan pembersih yang mengandung sedikit alkohol. Metode ini dikenal paling efektif untuk membunuh bakteri dan virus yang menyebabkan flu.
Kadang-kadang virus flu tidak berasal dari ponsel Anda, tapi dari tangan Anda sendiri atau tangan orang lain. Jika Anda tidak pernah meminjamkan ponsel kepada orang lain, maka ponsel Anda aman. Tetapi jika Anda meminjamkan sesuatu kepada orang-orang yang memiliki virus flu, tentu saja virus pasti akan menyebar kepada 40 persen orang di kantor Anda dalam waktu empat jam.
Lalu, bagaimana kita menghindarinya? Dokter menyarankan untuk selalu membersihkan tangan sebelum menyentuh ponsel Anda. Gunakan pembersih yang mengandung alkohol, atau biasakan menggunakanhandsfree.  Ingatlah, agar jangan terlalu sering menyentuh wajah Anda dengan tangan. (Sumber)

0 komentar:

Blogger Template by Clairvo